Headphone vs Earphone, Harus Pilih yang Mana, Ya?

Masih banyak orang yang bingung untuk membedakan antara headphone vs earphone sebagai solusi suara atau audio personal. Ada sejumlah faktor yang memengaruhi seseorang untuk memilih satu diantara keduanya. Faktor ukuran, kemudahan, kenyamanan, dan fitur merupakan poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat keputusan untuk membeli. Untuk tahu lebih banyak lagi perbedaan headphone vs earphone, baca terus artikel berikut ini.

Perbedaan Headphone vs Earphone

Selama ini, kamu mungkin lebih mengenal headphone atau earphone dalam sejumlah istilah deskriptif, seperti in-ears, on-ears, earbuds, atau over-ears. Earphone sendiri sebenarnya adalah perangkat untuk mendengarkan secara personal yang pas pada saluran telinga user. Sedangkan headphone adalah perangkat untuk mendengarkan secara personal yang bersandar atau mengelilingi bagian luar telinga.

Selanjutnya, kamu mungkin sering bertanya-tanya, apakah ada perbedaan mendasar antara headphone vs earphone dalam hal kualitas suara? Secara umum, ya ada perbedaan. Dalam banyak kasus, headphone dapat memberi pengalaman suara yang jauh lebih kaya dan memuaskan dibandingkan earphone bagi kebanyakan orang.

Kemampuan Menangkal Noise Dari Luar

Ketika harus memilih antara headphone vs earphone, poin ini juga perlu dipertimbangkan. Dan satu hal yang pasti tentang perangkat pendengaran personal adalah bahwa semakin baik headphone atau earphone yang kamu pakai, kualitas suaranya pun akan jauh lebih baik. Bagaimanapun, saluran telinga tiap orang berbeda dan meskipun sebagian besar earphone hadir dalam berbagai variasi ujung telinga, serta ada dalam berbagai bentuk dan ukuran, masih sulit bagi banyak orang untuk menemukan satu yang cocok dan sempurna untuk digunakan.

Di sisi lain, headphone tidak harus dibentuk agar sesuai dengan struktur anatomi telinga dan produknya pun beragam. Oleh karena itu, headphone diharapkan menawarkan isolasi lebih baik dari kebisingan di luar untuk sebagian besar pendengar. Dan hasilnya? Kamu akan mendapatkan audio bas yang lebih baik dan suara yang lebih murni tanpa harus menaikan volume suara.

Ketika membedakan  untuk memilih headphone vs earphone, perlu kamu tahu juga jika headphone dianggap lebih nyaman dipakai, di mana ini berarti kamu bisa memakai headphone untuk waktu yang lama. Dan karena secara fisik memiliki ukuran lebih besar, ini membuatnya memiliki lebih banyak ruang untuk berbagai media elektronik dan secara umum menawarkan active-noise canceling lebih baik dibandingkan dengan earphone.

Jadi, Harus Pilih yang Mana?

Bila kinerja audio menjadi satu-satunya kriteria yang kamu pertimbangkan sebelum membeli, kamu akan lebih puas jika membeli headphone, dan bukannya earphone. Berikut alasannya:

  • Headphone mendapat manfaat dari driver yang lebih besar, di mana secara umum berkisar antara 40 – 50 mm, berbeda dengan driver 7 – 15 mm yang umum ditemukan pada earphone. Driver yang lebih besar seringkali menghasilkan bass yang lebih baik dan lebih lembut, serta kinerja yang lebih konsisten di seluruh spektrum yang dapat didengar, mulai dari frekuensi paling rendah hingga paling tinggi. Earphone seringkali mampu menghasilkan bass yang dalam dan kaya, tetapi earphone mengelola fitur ini karena driver audionya berada di dalam atau sangat dekat dengan saluran telinga.

Secara harafiah, headphone memberi audio kamu lebih banyak ‘ruang untuk bernapas’. Dengan headphone, kamu biasanya dapat lebih menghargai width dan soundstage dari musical mix. Jika kamu menutup mata, gitar, bas, drum, dan vokal tampak menyebar di sekitar kamu. Musik juga tidak akan terdengar seperti terperangkap di dalam tempurung kepala sehingga lebih nyaman dinikmati.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *