Memilih Tinta Cartridge Untuk Printer Agar Bisa Tetap Awet Digunakan

Memilih tinta cartridge yang tepat tidak hanya dapat membantu mendapatkan hasil printing yang apik namun juga hemat digunakan. Apalagi jika kamu menjalankan bisnis kecil yang tiap hari harus memakainya. Terlalu sering mengganti tinta cartridge, misalnya beberapa kali dalam sebulan bisa membuat frustasi dan hanya akan menambah cost bulanan. Memilih tinta cartridge yang tepat membuat kamu tidak perlu bongkar-pasang dengan cartridge yang baru. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Kompatibilitas Printer

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tinta cartridge sebelum membeli adalah dengan memeriksa apakah jenis tinta tersebut kompatibel dengan printer kamu atau tidak karena tidak semua tinta cartridge dibuat sama. Perlu kamu tahu jika printer yang berbeda akan memerlukan jenis tinta yang berbeda pula. Ada yang memerlukan beberapa cartridge, namun ada juga yang hanya perlu cartridge individual.

Cartridge XL vs Standar

Ada perbedaan besar antara cartridge XL dan standar. Jika kamu menggunakan printer untuk volume besar atau sering memakainya, kamu disarankan untuk memilih jenis XL. Cartridge jenis ini akan memberi lebih banyak halaman cetak serta menghemat waktu dan cost yang harus dikeluarkan.

Sedangkan cartridge standar disarankan dipakai untuk printing umum di rumah sehari-hari atau hanya teks biasa dan bukan untuk printing foto atau fotografi. Memaksakan diri untuk membeli printer yang tidak sesuai kebutuhan hanya akan membuat kamu mengeluarkan uang ekstra dan hasil printing yang tidak memuaskan.

Cartridge Tri-Colour vs Individual

Kedua jenis cartridge ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, di mana ini akan bergantung pada penggunaan dan apa yang akan kamu cetak. Jika kamu memilih tinta cartridge dengan model tri-colour, ini bisa jadi mahal dalam jangka panjang karena cartridge tidak akan bisa bekerja ketika salah satu tinta dalam cartrdige kosong.

Jadi, kamu harus mengganti seluruh cartridge harus  danmengorbankan porsi tinta yang masih tersisa. Dan membuang cartridge dengan tinta yang masih ada didalamnya sungguh membuang-buang uang. Sementara dengan tinta cartridge individual, yang perlu kamu lakukan hanyalah dengan mengganti yang kosong dengan yang baru.

Cartridge Tinta Daur Ulang

Hal lain yang juga perlu kamu pertimbangkan saat memilih tinta cartridge adalah apakah akan memilih produk daur ulang atau baru. Bagi konsumen yang eco-friendly, menggunakan tinta cartridge daur ulang tidak hanya dapat menghemat uang, tetapi juga ramah untuk lingkungan dan bumi.

Cost untuk tinta daur ulang juga lebih rendah sekitar 50 – 80 persen dari cartridge bermerk. Kabar baiknya adalah produk daur ulang ini masih bisa menghasilkan cetakan yang memiliki kualitas sama, serta menghasilkan halaman yang kurang-lebih sama dengan merk terkenal jika digunakan dengan benar.

Garansi Manufaktur atau Toko

Sebagian besar produsen tinta memiliki garansi produk untuk menjamin kepuasan pelanggan. Begitu juga dengan sebagian besar toko yang memberi garansi pada konsumen untuk meningkatkan kepercayaan. Oleh karena itu, sebelum memilih tinta cartridge untuk printer, kamu harus menanyakan hal tersebut dan simpan kemasan dalam bentuk asli, kartu garansi, dan kwitansi seandainya tinta yang kamu beli gagal berfungsi sesuai yang dijanjikan. Ketika kamu mengalami kondisi tersebut, kamu bisa langsung membawa semua bukti-bukti tersebut ke toko bersama dengan kemasan asli dan semua yang berkaitan dengan pembelian untuk mendapat pengembalian uang atau diganti dengan tinta cartridge yang sesuai untuk printer kamu.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *